Dengan 10 Tips Trading Saham Ini Bahkan Pemula Bisa Jadi Jutawan

Dengan 10 Tips Trading Saham Ini Bahkan Pemula Bisa Jadi JutawanTips Trading Saham – Trading saham adalah aktivitas jual-beli saham dengan maksud bisa mendapatkan keuntungan dari perselisihan harga beli awalnya dengan nilai jual. Keuntungan ini di dunia pasar modal disebutkan capital gain.

Trading saham berlainan dari investasi saham. Dalam investasi saham, seorang investor akan cenderung pilih beli saham dan menahannya untuk periode waktu lama. Itu berarti, transaksi saham seorang investor tidak cepat seperti seorang trader.

Maka bila kamu pemula, dan berkeinginan untuk menjadi trading saham, penting untuk kamu membaca artikel ini sampai habis.

Mengapa investor saham cenderung memilih untuk melakukan hold sahamnya daripada jual cepat saat harga saham naik? Ini karena tujuan dan keinginan investor saham adalah mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen, yaitu keuntungan perusahaan atau emiten yang umumnya dibagi per kuartal, per semester, atau /tahun.

Panduan Dan Tips Trading Saham Untuk PemulaDengan 10 Tips Trading Saham Ini Bahkan Pemula Bisa Jadi Jutawan

Sebelum Anda mempraktekan tips trading saham, hal utama yang harus anda lakukan adalah  membuka rekening saham. Menjadi seorang pemilik saham sangatlah mudah, Ada 3 cara khusus yang harus dikerjakan, yaitu :

1. Buka rekening

Cara awalan yang harus Anda kerjakan untuk mulai trading saham adalah mempunyai rekening. Rekening itu bukan rekening tabungan biasa, tetapi rekening efek. Proses pembuatannya bisa dilaksanakan dengan mengunjungi perusahaan sekuritas. Siapkan persyaratan yang diperlukan, yaitu foto copy KTP, NPWP, buku tabungan, dan materai Rp6.000 sekitar 2 lembar.

2. Penyerahan dana

Sesudah proses pembukaan rekening efek sukses, tingkatan setelah itu adalah menyerahkan dana. Nominal dana yang harus disetor untuk pertama kalinya disetiap sekuritas. Dengan adanya penyetoran dana ke rekening efek, investor juga mulai bisa lakukan proses jual-beli saham.

3. Mulai melakukan investasi

Cara melakukan transaksi pada saham sangat gampang. Anda tak perlu datang langsung ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI), karena sekarang sudah jamannya serba online. Ada opsi efektif bertransaksi saham hanya memakai koneksi internet. Saat ini, cukup banyak beberapa perusahaan sekuritas yang menyiapkan service trading saham online ke beberapa investor.

Beberapa perusahaan sekuritas yang sediakan service transaksi bisnis saham online salah satunya adalah:

  • Pelayanan BEST BCA Sekuritas
  • MOST dari Mandiri Sekuritas
  • eSmart BNI Sekuritas
  • POST yang diluncurkan oleh Panin Sekuritas
  • Prima milik Trimegah Sekuritas
  • IPOT IndoPremier

Tips Trading SahamDengan 10 Tips Trading Saham Ini Bahkan Pemula Bisa Jadi Jutawan

Trading saham dilaksanakan dalam kurun waktu relatif cepat. Walau demikian, tidak berarti kamu sepenuhnya bertaruh.

Masih tetap ada penghitungan dan pemikiran yang harus kamu kerjakan saat sebelum jual saham. Alih-alih untung, kamu justru dapat rugi jika tidak pakai penghitungan yang akurat.

Di bawah ini sejumlah dasar tips trading saham yang harus kamu pahami:

  • Mengenali pasar modal dan saham
  • Belajar analisis saham
  • Dimulai dari modal kecil
  • Membuka rekening saham online di perusahaan sekuritas
  • Dalami langkah membeli dan jual melalui program online trading
  • Jual saham: sell on strength dan cut loss
  • Membeli saham: buy on weakness dan buy on breakout
  • Awali dengan membeli dan jual saham likuid yang berada di LQ45
  • Memperdalam dan disiplin aplikasikan analisis teknikal
  • Belajar dari pengalaman dan lakukan pencatatan selama melakukan trading

1. Mengenal Pasar Modal dan Saham

Belajar trading saham atau investasi saham diawali dengan mengenali apakah itu pasar modal dan instrumen-instrumennya, termasuk saham.

Kamu yang baru memulai dapat pelajarinya secara gratis dengan daftarkan diri di Sekolah Pasar Modal (SPM) yang difasilitaskan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Umumnya kamu diminta persiapkan dana Rp 100 ribu dengan maksud membuka rekening saham di perusahaan sekuritas.

Bursa Efek Indonesia (BEI) membagikan Sekolah Pasar Modal (SPM) jadi dua tingkat, yaitu

  • SPM Tingkat 1 dengan materi berisi materi investasi di pasar modal, efek dan proses perdagangan saham, susunan pasar modal di Indonesia, sampai referensi pemilikan di sekuritas (AKSes).
  • SPM Tingkat 2 dengan materi analisis fundamental dan analisis teknikal.

Tentunya di BEI juga menyediakan tips trading saham bagi pemula yang baru masuk dunia investasi saham.

2. Tips Trading Saham Dalam Analisis Saham

Pelajari analisis saham akan membimbingmu dalam trading saham yang benar dan meminimalisir rugi (loss).

Di Sekolah Pasar Modal (SPM) Tingkat 2, kamu mendapatkan materi beberapa dasar analisis saham, baik fundamental atau teknikal, dan juga tips trading saham yang akan sangat berguna.

Dalam analisis fundamental saham, kamu mempelajari:

  • Analisis perusahaan (rasio keuangan)
  • Analisis ekonomi
  • Analisis industri/sektor

Sementara dalam analisis teknikal saham, kamu akan mempelajari metode:

  • Relative Strength Index (RSI)
  • Resistance dan support
  • Chart (line chart, bar chart, dan volume)
  • Moving average
  • Overbought dan oversold
  • Price pattern
  • Stochastic oscillator
  • Trend lines (up trend, downtrend, side lines/accumulation)

3. Membuka Rekening Saham Online Di Sekuritas

Sesudah mendapatkan pengetahuan dasar mengenai pasar modal dan saham, waktunya untuk buka rekening saham online sebagai syarat trading saham.

Rekening saham atau rekening efek dibuka dengan mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas. Langkah buka rekening saham atau efek sekarang dapat dilaksanakan lewat cara online.

  • Pilih perusahaan sekuritas
  • Install aplikasi atau registrasi di website resmi perusahaan sekuritas.
  • Persiapkan KTP, NPWP, dan rekening tabungan.
  • Lakukan deposit awal atau setoran dana ke Rekening Dana Investor (RDI).
  • Tips trading saham pun siap di praktekan

4. Mulai Modal Yang Kecil

Meskipun ada trader yang meraup banyak untung bermodal besar, tidak berarti Anda harus mengikuti langkah tersebut, karena ada beberapa trader yang memakai jasa ahli finance untuk memainkan uang tersebut di dalam trading saham, atau umumnya mereka yang bermodal besar biasa melakukan trading bersama atau kelompok trading.

Belajarlah dari dasar, jangan berkecil hati karena modal Anda kecil. Trading bermodal kecil menolongmu saat belajar dari kekeliruan trading.

5. Pelajari Cara Beli dan Jual Saham

Tiap perusahaan sekuritas sekarang sediakan program online trading untuk beberapa investor dan trader. Di program itu kamu dapat memilih, beli, dan jual saham.

Disamping itu, program online trading juga menyiapkan sarana analysis, stok screener, top summary, top broker, top stok, dan ada banyak lagi.

Dalam perdagangan saham, kamu dapat beli atau jual minimum 1 lot atau 100 helai saham. Jumlahnya lot saham yang dipunyai tergantung dari harga per lembar saham dan dana yang dipakai.

Umumnya perusahaan sekuritas sediakan panduan penggunaan program atau tips trading saham untuk pemula. Pelajari panduan itu supaya semakin memahami penggunaan program trading.

7. Tips Trading Saham Selanjutnya Beli Saat Harga Rendah Jual Saat Harga Tinggi

Harga saham itu naik-turun. Terkadang harga turun, terkadang harga naik. Supaya tidak cemas, belilah saham saat keadaannya buy on weakness.

Apakah itu buy on weakness? Buy on weakness adalah beli saham saat harga rendah atau ada di titik support. Jika kamu sudah pelajari analisis teknikal, tentu memahami dengan istilah support.

Disamping itu, Anda bisa juga beli saham saat keadaannya buy on breakout. Apakah itu buy on breakout? Buy on breakout adalah beli saham saat harga menembus resistance. Istilah resistance kamu tentu ketahui jika belajar analisis teknikal.

8. Tips Trading Saham Sell on Strength dan Cut loss

Lalu, kapan saatnya jual saham? Lakukanlah Jual ketika ada pada keadaan sell on strength. Apakah itu sell on strength? Sell on strength adalah jual saham saat harga mencapai titik resistance.

Kadang harga saham dapat turun di luar prediksi. Saat ada di keadaan itu, cut loss jadi opsi jual untuk menghindar rugi besar.

Kamu dapat melakukan cut loss saat harga turun sampai tembus titik support. Begitu juga harga menembus titik support, kamu dapat lakukan cut loss sebagian.

Jika harga turun tembus titik dukungan ke-2 , melakukan cut loss seluruhnya untuk mengecilkan rugi.

9. Memperdalam dan Disiplin Aplikasikan Analisis Teknikal

Dalami terus analisis teknikal, ketahui tanda-indikatornya, dan aplikasikan dalam setiap trading saham.

Meskipun tidak ada analisis yang 100 % tepat, analisis teknikal minimal menolongmu dalam beli dan jual saham dengan arah mewujudkan keuntungan (profit taking).

Dengan disiplin mengaplikasikan analisis teknikal, kamu tidak gampang ikutan panik buying atau panik selling. Karena kamu paham kapan saat beli dan kapan saat jual.

10. Selalu Lakukan Pencatatan Saat Melakukan Trading Saham

Satu atau dua hari bukan saat yang cukup buat pelajari trading saham, Perlu kesabaran dalam melakukan dan tidak boleh gampang menyerah karena alami rugi.

Belajarlah pengalaman dari. Karena pengalaman menolongmu dalam pertajam analisis. Pengalaman menolong dalam jaga emosi agar tidak gampang dipengaruhi isu-isu yang tersebar.

Dengan membaca artikel ini sampai habis, kemungkinan besar Anda sudah mengetahui tips trading saham dasar yang bisa dilakukan sehari-hari. Semoga dengan edukasi saham ini bisa membantu banyak pemula saham di indonesia semakin berkembang kedepanya.