15 Cara Membeli Saham Online dan Tutorial Untuk Pemula

15 Cara Membeli Saham Online dan Tutorial untuk PemulaMembeli saham online bukan hal yang sulit, tetapi tidak berarti segampang menjentikkan jemari. Ada beberapa hal yang seharusnya harus dimengerti lebih dulu saat sebelum masuk ke dunia jual beli saham. kita harus mempelajari cara membeli saham online

Karena, bila kamu tidak memahami benar langkah jual sampai membeli saham online trading secara tepat, bisa jadi kamu gigit jemari, apa lagi untuk beberapa pemula.

Langkah membeli saham online trading ini sebagai hal dasar yang perlu untuk dipahami saat sebelum mengambil langkah ke tingkat seterusnya. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisasi resiko ketidakberhasilan. Yok, lihat tutorial yang telah kami kumpulkan di sini sebagai proses belajar yang setahap buat kamu yang baru memulai bermain saham.

1. Tentukan Broker Sebelum Membeli Saham Online

Satu diantaranya langkah awal pada langkah membeli saham online trading dengan tentukan broker saham. Kamu bisa merasakan banyak broker atau yang bernama lain “Anggota Bursa” di Bursa Imbas Indonesia (BEI). 

Lalu, bagaimana cara tentukan broker saham terbaik? Jawabannya, tidak ada rumus baku. Karena, bermacam broker yang tercatat di BEI telah oke secara keuangan karena mereka harus penuhi modal minimum sesuai sama ketentuan Wewenang Jasa Keuangan (OJK). 

Tapi, jika kamu masih ragu untuk kasus saham, tentukan broker yang memiliki program saham online yang bagus dan dapat diandalkan.

2. Membuka Rekening Saham

Kamu dapat buka rekening saham sesudah pilih broker. Buka rekening harus dilaksanakan atau kamu tidak dapat lakukan jual-beli saham di program. Broker yang baik harus memberi sarana pembukaan rekening lewat cara online yang mana pemakai cukup isi formulir pembukaan rekening dan memberikan informasi-informasi yang disuruh seperti nama komplet, nomor handphone, email, dan data diri yang lain.

3. Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Sesudah membuka rekening saham di broker, kamu harus juga buka Rekening Dana Nasabah (RDN). Jika rekening saham membuat kamu dapat lakukan jual-beli saham, sementara RDN sebagai rekening khusus yang dibikin di bank untuk simpan dana transaksi bisnis jual-beli saham.

Modal yang kamu serahkan untuk transaksi bisnis saham dan hasil pemasaran saham diletakkan di RDN. Walaupun telah buka rekening saham, tetapi jika belum membuat rekening RDN, kamu tidak dapat mengawali transaksi bisnis saham.

Umumnya perusahaan sekuritas sediakan service pembikinan RDN lewat cara online hingga kamu tidak harus tiba ke bank. 

Pembukaan RDN memerlukan beberapa dokumen yang bergantung peraturan faksi sekuritasnya. KTP menjadi satu diantara document yang harus disertakan.

4. Setor modal

Langkah membeli saham online selanjutnya dengan menyetor dana untuk melakukan transaksi bisnis saham. Kamu dapat lakukan setoran modal ke rekening RDN dan banyaknya bergantung jumlah transaksi bisnis saham yang hendak dilaksanakan. Kamu wajib melakukan deposit lebih dulu lalu baru dapat lakukan transaksi bisnis perdagangan saham.

Jika transaksi bisnis pertama sukses, pada transaksi bisnis selanjutnya kamu dapat lakukan pembayaran kewajiban dalam kurun waktu dua hari semenjak transaksi bisnis atau settlement.

5. Transaksi bisnis membeli saham online

Kamu dapat lakukan transaksi bisnis membeli saham sesudah dana disetorkan dan efisien di RDN. Ada beragam saham yang dapat kamu perhatikan seperti BCA, Antam, Unilever, BRI, Telkomsel, dan ketahui langkah membeli saham online saat sebelum melakukan transaksi bisnis.

Berikut panduan transaksi bisnis yang dapat kamu coba:

  1. Kamu dapat menentukan saham yang mana ingin dibeli dan tentukan saham itu. Ingat code sahamnya agar lebih mudah.
  2. Saat lakukan order, kamu akan disuruh tentukan pada harga berapakah akan beli saham opsi kamu itu. Dalam program akan kelihatan harga penawaran (bid) dan harga pemasaran (offer)
  3. Jika langsung ingin pembelian efisien, kamu dapat pasang harga membeli sama pada harga pemasaran (offer) paling rendah, karena itu kamu akan memperoleh saham itu.
  4. Jika ingin harga membeli yang tambah murah, kamu dapat pasang harga di bawah nilai jual paling rendah. Makannya, kamu harus mengantri sampai ada penjual yang ingin turunkan nilai jual ke harga membeli yang kamu pasang.
  5. Penempatan order membeli kamu ikuti fokus harga dan waktu

Apa yang dapat dilaksanakan sesudah transaksi sukses? Kamu dapat memeriksa halaman Portofolio yang memperlihatkan pemilikan saham kamu sekarang ini. Halaman ini berisikan jumlah helai saham, harga rerata, dan nilai investasi saham.

6. Transaksi bisnis jual saham online

Sudah beli saham perusahaan besar seperti Telkomsel atau Unilever dengan di atas dan ingin menjualnya? Kamu harus juga tahu langkah jual saham online lewat program, bukan hanya membeli saja.

Berikut langkah yang dapat kamu coba:

  • Kamu dapat tentukan saham punyai kamu lalu tetapkan nilai jual dan jumlah helai saham yang hendak dipasarkan
  • Penetapan nilai jual memengaruhi berapa cepat transaksi bisnis dapat dilaksanakan. Jika ingin selekasnya jual saham, kamu pasang pada harga membeli paling tinggi di pasar waktu itu. Tetapi bila ingin hasil pemasaran yang semakin besar, kamu dapat pasang nilai jual yang semakin tinggi, tetapi resikonya cukup lama terjualnya.

7. Mengubah order saham online

Kamu dapat mengubah atau amend harga membeli atau nilai jual di saat lakukan perdagangan saham. Program jual-beli saham online mempunyai sarana untuk melakukan peralihan itu.

Jika status yang kamu pasang tidak tereksekusi, dan kamu ingin selekasnya beli atau jual saham itu, karena itu kamu dapat saksikan status nilai jual dan membeli yang ada di pasar waktu itu. Seterusnya kerjakan peralihan harga (amend) sesuai keadaan pasar waktu itu.

8. Settlement transaksi bisnis

Apa transaksi bisnis saham sama dengan jual beli secara umum? Dalam praktek jual-beli, kamu harus bayar saat transaksi bisnis dilaksanakan, tetapi ini berlainan di bursa saham. Penuntasan transaksi bisnis (settlement) dalam bursa saham dilaksanakan dalam kurun waktu 2 hari perdagangan semenjak transaksi bisnis dilaksanakan atau T+2.

Bukti transaksi bisnis jual-beli saham berbentuk Trade Confirmation yang hendak dikirimkan broker tiap kamu menuntaskan transaksi bisnis perdagangan saham. 

Ada banyak point yang tertera dalam Trade Confirmation yaitu:

  • Tanggal transaksi bisnis
  • Keseluruhan pembelian saham
  • Kewajiban bayar sama sesuai jumlah saham yang dibeli. Dibayarkan 2 hari semenjak transaksi bisnis dilaksanakan
  • Jika tidak menuntaskan pembayaran transaksi bisnis akan dikenai denda sama sesuai peraturan broker

9. Fee transaksi bisnis saham

Sepanjang lakukan jual-beli saham lewat program atau off-line, kamu harus bayar fee atas transaksi bisnis perdagangan saham ke broker yang menyelesaikan order transaksi bisnis. Berikut rincian ongkos transaksi bisnis saham yang perlu kamu kenali:

  • Komisi Broker (broker fee): besarannya bergantung perusahaan sekuritas dan range angkanya sekitaran 0,15%-0,35% dari nilai transaksi bisnis sahamnya.
  • Biaya Transaksi bisnis (levy): ongkos transaksi bisnis yang ditanggung ke investor setiap lakukan jual-beli saham atas pemakaian jasa atau sarana bursa. Besarannya 0,04% dari nilai transaksi bisnis itu yang terbagi dalam BEI (0,01%), KSEI (0,01%), ongkos kliring KPEI (0,01%), dan dana agunan KPEI (0,01%).
  • Pajak Bertambahnya Nilai (PPN): pungutan dari tiap bertambahnya nilai transaksi bisnis barang atau jasa. Umumnya, ongkos pajak yang dikenai ke investor berbentuk biaya tunggal sejumlah 10%. Tetapi pada praktek jual-beli saham, biaya dasar pengenaan ongkos PPN sebesar 0,03% dari jumlahnya transaksi bisnis saham.
  • Pajak Pendapatan (PPh): Pajak yang ditanggung atas pendapatan perseorangan, perusahaan atau tubuh hukum yang lain saat lakukan transaksi bisnis pemasaran saham. Tipe pajak yang dikenai yaitu PPh Pasal 4 ayat (2) yang karakternya final atau dibayar lewat faksi sekuritas dengan persentase 0,1% dari nilai bruto transaksi bisnis.

Contoh penghitungan ongkos transaksi bisnis beli saham:

Seorang investor membeli sekitar 10 lot saham BRI pada harga saham Rp4.460 dengan fee transaksi bisnis belinya 0,19%, bagaimanakah cara penghitungan pembelian saham itu?

  • Transaksi bisnis pembelian: 10 lot x 100 helai x Rp4.460 = Rp4.460.000
  • Komisi Broker: 0.19% x Rp4.460.000 = Rp8.474
  • Ongkos Levy: 0.04% x Rp4.460.000 = Rp1.784
  • Pajak PPN: 10% x (Rp8.474 + Rp1.784) = Rp8.652
  • Pajak PPh: 0,1% x Rp4.460.000 = Rp4.460

Keseluruhan ongkos tambahan yang perlu dikeluarkan untuk beli 10 lot saham BBRI sebesar: Rp4.460.000 + Rp8.474 + Rp1.784 + Rp8.652 + Rp4.460 = Rp4.483.370

Walaupun ongkos fee transaksi bisnis saham kelihatan kecil untuk 1x transaksi bisnis, tetapi jika melakukan berkali-kali pasti kurangi keuntungan kamu.

10. Analisis Esensial

Langkah membeli saham online seterusnya dengan lakukan analisis esensial. Maksudnya untuk tentukan apa harga satu saham masih murah (perlu dibeli) atau telah mahal (perlu dinanti sampai harga turun).

Analisis esensial memakai neraca keuangan sebagai dasar penetapan dalam tentukan dan hitung harga saham yang lumrah itu berada di harga berapakah. 

Kamu harus mempunyai pengetahuan neraca keuangan yang bagus dan pengetahuan masalah usaha saham saat lakukan analisis esensial. Beli saham seperti beli usaha hingga perlu menyimak performa dan keuangan perusahaan.

Saat ini telah banyak broker yang sediakan data neraca keuangan dan penghitungan rasio keuangan lewat cara online. Kamu tinggal lakukan analitis dan tak perlu kumpulkan data kembali.

11. Stock Screener

Ada beberapa saham yang diperjualbelikan di bursa hingga lumrah jika kamu kesusahan mengingatnya. Kamu dapat memakai feature stock screener yang ada di broker  dengan gratis untuk memfiltrasi saham berdasar persyaratan yang diputuskan.

Ada beragam langkah tentukan persyaratan dalam stock screener:

  • Kamu dapat tentukan persyaratan sendiri berdasar pengalaman atau dialog dengan faksi lain. Langkah manual ini memungkinkannya kamu membuat daftar saham opsi yang sesuai kemauan.
  • Memakai preset persyaratan: persyaratan yang biasa dipakai sama sesuai style guru investasi seperti William O’Neil, Warren Buffet, dan sebagainya yang langsung bisa dipakai.

Langkah mana yang hendak kamu pakai untuk membeli saham?

12. Diversifikasi

Diversifikasi sebagai kunci keberhasilan dalam investasi saham. Langkah terbaik mengurus risiko dalam investasi saham adalah tidak tempatkan investasi pada sebuah atau dua saham, tetapi mendiversifikasikan atau membagikan ke banyak saham.

Agar saat harga saham jeblok, kamu masih mempunyai stamina untuk tetap bertahan karena tidak seluruhnya investasi saham kamu ikut jeblok.

Beli index fund sebagai salah satunya taktik Diversifikasi saham yang populer. Triknya, kamu membeli semua saham sama sesuai berat yang ada dalam index . Maka keuntungan ikuti keuntungan index.

Kamu dapat beli index fund di Bursa Efek Indonesia dengan beli Exchange Traded Fund (ETF). Untuk yang belum mengetahui, Exchange Traded Fund (ETF) sebagai salah satunya saham yang diperjualbelikan di BEI, tetapi mempunyai kekhasan karena tidak layaknya seperti saham yang dikeluarkan perusahaan.

Simpelnya, ETF sebagai reksa dana berupa Kontrak Investasi Kelompok yang unit pengantarannya diperjualbelikan di Bursa Efek. Walaupun ETF pada intinya reksa dana, produk ini diperjualbelikan seperti beberapa saham yang berada di bursa Efek. Dapat disebut ETF menyatukan elemen reksa dana dalam soal pengendalian dana dengan proses saham dalam soal transaksi bisnis jual atau membeli.

Faedah ETF adalah menolong diverifikasi. Di atas telah diterangkan jika diverifikasi itu wajib dalam investasi saham, tetapi untuk melakukan Diversifikasi ke banyak saham memerlukan nilai investasi yang tidak kecil. Pasalnya ada minimal investasi di BEI yaitu 100 helai saham.

ETF menolong kesusahan ini untuk pemiliknya. Kamu cukup beli 1 saham EFT yang sebetulnya berisi beberapa puluh saham, sama sesuai index sebagai dasar ETF itu. Misalkan jika kamu beli 1 lot saham ETF Reksa Dana Premier ETF LQ-45, memiliki arti kamu telah melakukan investasi di beberapa puluh saham favorit index LQ 45 yang sejumlah 45 saham.

Harga ETF Reksa Dana Premier ETF LQ-45 bergantung gerakan harga ke 45 saham sebagai anggota index LQ 45.

13. Jangan Mudah Dipengaruhi Sentimen

Sentimen atau isu efisien mempengaruhi banyak pemegang saham. Misalkan, sentimen pada saham Indofarma dan Kimia Farma bisa saja contoh yang memikat. Didera rumor positif mengenai produksi vaksin Covid 19, harga saham Kimia Farma, Tbk. (KAEF) dan Indofarma, Tbk. (INAF) naik mencolok. 

Beberapa orang yang pemula beli ke-2  saham itu tanpa lakukan analisis esensial. Keinginannya, supaya harga naik terus dan mereka nikmati keuntungan dari beda nilai jual membeli (capital gain).

Ada dua dari kemungkinan hal tersebut: pertama, harga naik terus dan pemilik sahamnya dapat memperoleh banyak untung. Ke-2 , harga terjun mendadak dan tidak ada pertanda balik lagi ke harga tinggi dalam periode waktu yang lama.

Kamu pantas pelajari esensial perusahaan agar tidak ikutan terikut arus yang sedang ngetrend. Perhatikan perubahan ekonomi dan memandang prospect industri yang akan datang. Janganlah sampai salah tentukan saham karena trend sebentar.

14. Belajar pengalaman dari

Langkah membeli saham online paling akhir, dengan belajar menjadi pengalaman. Kamu harus mengatur emosi saat saham turun dan tidak boleh cemas. Disamping itu masih tetap berdasar di hasil analitis walau tidak 100 % tepat.

Salah satunya argumen banyak pemula tidak berhasil melakukan investasi saham karena dua hal: panik buying dan panik selling. Kamu harus terus menganalisa untuk kurangi resiko di pasar saham dan mempunyai potensi mengoptimalkan modal investasi.

15. Periksa kembali daftar program jual-beli saham online, perusahaan sekuritas, dan program/web untuk awasi pasar saham

Ada banyak beberapa perusahaan sekuritas yang sediakan program trading.

Berikut daftar beberapa program trading saham online yang terkenal dan dapat kamu pikirkan:

  • ESOne Ekuator Swarna Sekuritas
  • IPOT on Windows
  • Program JOIN
  • Program BEST BCA Sekuritas
  • esmart BNI Sekuritas
  • CGS-CIMB iTrade
  • POST Trading Basis Panin Sekuritas
  • POEMS ProTrader
  • Sinarmas Sekuritas Online Trading
  • Trima Apps
  • MNC Trade New
  • HOTS
  • MOST Berdikari Sekuritas

Kamu harus terus mengupdate info sekitar saham, baik pasar saham dalam negeri atau luar negeri di web atau program berikut:

  • IDX.co.id
  • Yahoo! Finance
  • Stockbit
  • Investing.com
  • Seeking Alpha
  • Trading Economics
  • MarketWatch
  • RTI
  • Google Finance

Itu langkah beli saham online yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan off-line. Walaupun akan membeli saham perusahaan besar seperti Antam, BRI, BCA, Unilever, sampai Telkomsel, dan yang lain, kamu harus memakai langkah analisis esensial untuk meminimalkan risiko.