5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

Banyak Investor saham pemula mencari cara belajar saham praktis dan efisien, kami sudah merangkumnya dari berbagai sumber agar proses belajar anda lebih baik.

Cara belajar main saham sangat perlu untuk diketahui oleh para pelaku trading pemula sebelum anda terjun ke dunia investasi saham. Alasannya karena saham adalah salah satu produk pasar modal yang bisa dibilang memiliki risiko tinggi dan anda bisa meminimalisir risiko dengan cara selalu belajar saham terus menerus.

Meskipun istilah ‘bermain saham’, anda harus tetap melakukannya dengan serius karena saham adalah produk investasi yang bisa memberikan profit yang besar untuk anda. Bermain saham tanpa modal dan tetapi cara anda yang benar, hanya membuang waktu. Anda perlu perlu keberanian untuk mengeksekusi atau bernai menaruh modal anda.

Pada zaman sekarang ini untuk bisa melakukan trading saham, bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan pencarian informasi tentang bermain saham juga bisa anda temukan di Internet. Hanya bermodalkan smartphone anda sudah bisa mengakses semua informasi saham sekaligus melakukan trading saham.

Baca Juga : 5 Jenis Kalkulator Investasi Untuk Investor Pemula

5 Cara Belajar Saham Pemula Paling Praktis Dan Efisien

Pastinya anda sering mendengar kabar bermain saham bisa menghabiskan uang anda secara keseluruhan. Namun kenyataannya bila anda belajar saham dengan informasi yang benar, maka besar kemungkinan anda bisa mendapatkan profit besar.

Maka dari itu tujuan kami bahasbluechip membuat artikel ini adalah agar anda investor saham baru bisa melakukan praktek jual beli saham dengan benar. Sebenarnya sekarang ini sudah sangat banyak sekali aplikasi saham untuk pemula yang bisa dijadikan tempat untuk belajar saham.

Tapi dari pada anda repot-repot, anda bisa langsung membaca rangkuman yang sudah kami siapkan dibawah ini :

1. Memilih Sekuritas dengan Fee Transaksi Kecil

5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

Cara melakukan trading saham pemula dalam bermain saham adalah, anda harus memilih satu diantara banyaknya perusahaan sekuritas atau broker saham. Untuk biaya transaksi jual beli saham tiap perusahaan sekuritas juga berbeda-beda.

Dalam melakukan investasi saham, anda harus punya rekening efek RDN atau biasa disingkat (rekening dana nasabah) yang difasilitasi oleh perusahaan-perusahaan sekuritas ini.

Setelah punya rekening, anda bisa melakukan top-up uang ke rekening efek yang nantinya berfungsi layaknya e-money. Anda bisa membeli saham-saham yang diinginkan secara online melalui uang itu.

2. Kontrol Emosi Saat Berinfestasi

5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

Setelah anda memiliki rekening efek dan aplikasi main saham terbaik di laptop atau handphone untuk melakukan trading saham. Anda bisa melakukan transfer data atau top up ke rekening efek itu. Bila anda ragu itu, wajar saja karena kita tidak mau kehilangan duit dari investasi.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena cara bermain saham bisa dimulai dengan hanya bermodal 100.000 dan anda hanya perlu mengikuti langkah yang disarankan.

Dalam melakukan trading saham, terdapat yang namanya Lot, 1 lot = 100 lembar saham. Bila harga per lembar saham = 1.000, artinya harga 1 lot saham tersebut tinggal dikalikan 100 saja yaitu 100.000. Pastinya anda tidak akan langsung uang 100.000. Anda perlu berinvestasi secara konsisten dan terukur, jangan gegabah membelanjakan seluruh uang untuk saham.

3. Memilih Saham di Indeks LQ45 atau IDX30

5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

Bursa Efek Indonesia atau biasa disingkat BEI mengeluarkan Indeks saham sebagai ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham. Terdapat 35 indeks saham yang terdaftar di BEI dan agar anda tidak bingung anda bisa memilih saham yang tergabung dalam indeks IDX30 dan LQ45.

Kelompok saham-saham di indeks itu punya likuiditas atau jual beli saham yang aktif, dan fundamental yang bagus. Saham-saham yang ada indeks-indeks itu biasa disebut saham blue chip atau biasa disebut saham papan atas. Contohnya adalah saham Bca (BBCA), unilever (UNVR), gudang garam (GGRM) dan anda bisa membeli di aplikasi saham dengan sangat mudah.

4. Beli Saham Consumer Goods atau Bank

5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

Cara belajar saham sekaligus main saham bagi pemula selanjutnya dengan membeli saham consumer goods atau perbankan. Bila anda sudah mengetahui tentang kategori saham index LQ45 dan IDX30, yang jadi pertanyaanya sekarang sektor saham seperti apa yang bagus.

Untuk belajar saham, perusahaan consumer good atau bank adalah pilihan tepat karena produk-produknya setiap hari digunakan masyarakat yang artinya emiten itu otomatis mencetak laba yang signifikan setiap tahunnya.

Meski saat anda membeli harga saham mereka turun, umumnya nilai saham itu akan kembali normal lagi. Kecuali dalam kondisi tertentu bila Indonesia mengalami krisis ekonomi. Apakah anda mulai tertarik untuk mencoba cara belajar bermain trading saham harian ini ?

5. Disiplin Dengan Melakukan Stop-loss

5 Cara Belajar Saham Praktis dan Cepat

Bagaimana cara trading saham yang benar ? Salah satunya dengan tetap tenang dan tidak panik saat harga saham yang anda beli mengalami penurunan, anda perlu tenang dan tidak perlu panik.

Dengan langsung terjun dalam pasar modal, anda bisa langsung belajar saham dan melakukan trading saham. Anda bisa memakai modal 100.000 untuk biaya belajar anda. Dengan begitu proses belajar anda akan lebih cepat, percaya tidak percaya bahwa belajar sambil praktek akan mempercayai proses belajar anda, terutama belajar saham.

Mengatur emosi dalam trading saham sangatlah penting karena turun-naiknya harga saham merupakan hal yang biasa dalam pasar modal. Jadi anda tidak perlu khawatir, dengan tetap konsisten dan terus belajar bahkan sekalipun anda kehilangan modal. Anda tidak benar-benar tidak kehilangan modal anda, melainkan anda belajar untuk itu.

Demikian artikel ini tentang cara belajar saham dan juga cara melakukan trading saham dengan benar. Bila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang saham anda bisa membacanya lebih lanjut di Wikipedia. Disana ada banyak Informasi lengkap dari definisi saham sampai kategori saham.

Saat melihat portofolio yang merah, anda bisa melakukan peninjauan terhadap emiten yang bersangkutan dengan seksama. Bila penurunan disebabkan faktor fundamental keuangan, anda jangan ragu untuk stop loss—nilai batasan harga terendah yang ditentukan guna membatasi kerugian.

Kerugian bisa semakin besar bila perusahaan akhirnya bangkrut, ketimbang sedari awal sudah disiplin melakukan stop-loss.