6 Status Order Saham di Aplikasi Ajaib

6 Status Order Saham di Aplikasi Ajaib

Saat anda terjun ke dunia saham pasti sering melihat berbagai status order saham, yang tentunya membuat kita bingung, kita akan membahasnya secara jelas disini. Dunia saham bisa dibilang lebih rumit dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain.

Sebelum terjun ke dunia saham, setidaknya anda harus mengerti tentang pola perdagangan di pasar saham. Salah satunya adalah tentang status order saham.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas status order saham di aplikasi ajaib. Apakah anda tahu tentang aplikasi ajaib ? Aplikasi ajaib adalah aplikasi untuk jual beli saham yang dibuat untuk mempermudah siapapun agar bisa melakukan jual beli saham.

Dengan adanya aplikasi saham ajaib, ibu rumah tangga, mahasiswa, pekerja lapangan, bahkan ada pelajar yang memakai aplikasi ajaib. Pada dasar untuk dalam mendaftar di aplikasi ajaib, langkah utama yang harus anda lakukan adalah membuat Rekening Dana Nasabah atau di singkat (RDN) di Ajaib.

Umumnya dalam membuat RDN di sekuritas sangatlah rumit, tapi di aplikasi ajaib anda dengan mudah bisa membuatnya, pokoknya anda tinggal mengisi form pendaftaran. Biasanya dalam 1-2 hari kerja RDN anda sudah jadi, transaksi saham pun bisa langsung dilakukan. Aplikasi ajaib bisa anda download di handphone anda, dan sudah tersedia di Apps Store IOS atau Play Store Android

Baca Juga : 5 Jenis Kalkulator Investasi Saham

6 Status Order Saham di Aplikasi Ajaib Wajib Tahu

6 Status Order Saham di Aplikasi Ajaib

Bila anda sudah mendaftar, sangat penting juga untuk memahami tentang status order saham. Karena lewat status order, anda bisa mengetahui order jual atau beli saham yang anda lakukan berhasil atau gagal.

Ada 6 macam status order saham yang harus anda tahu saat bertransaksi saham. Dari pada bikin penasaran berikut dibawah ini penjelasannya :

1. Status Order Saham : Open

Ada 2 skenario mengapa status order-mu Open saat anda bertransaksi saham yaitu :

A. Ketika Order Beli Saham

Saham yang dibeli belum diperoleh karena anda membeli di harga yang lebih rendah dari harga Best Offer/Best Ask. Contohnya anda ingin membeli saham pada harga Rp 1000/lembar, tapi penjual saham tersebut mau menjual paling murah di harga Rp 1025 / lembar.

Pada skenario ini, anda mengantri sampai ada yang bersedia menjual saham di harga yang anda tawar di bursa.

B. Ketika Order Jual Saham

Bila saham yang anda jual belum laku, karena anda menjual saham di harga yang lebih tinggi dari harga Best Bid. Contohnya anda ingin menjual saham pada harga Rp 1000 /lembar, tapi penjual lainnya menjual di harga Rp 950/lembar.

Skenario yang terjadi adalah anda masih harus antri jual sampai ada yang bersedia membeli saham pada harga yang anda ingin jual.

Sebagai catatan status open hanya muncul ketika pasar saham sedang dibuka.

2. Status Order Saham : Matched

Status Order Match terjadi bila anda melakukan order buy (bid) dengan harga tertentu dan dikirim ke pasar lalu telah sudah dicocokkan dengan investor lain yang melakukan order sell atau (ask) dengan harga yang sama, dan juga sebaliknya

Sebagai contoh status order Matched : Bila anda membeli saham TLKM sebanyak 50 lot dengan harga 3000 (bid), maka investor lain di pasar ingin menjual 50 Lot TLKM dengan harga 3000 (ask).

Karena ada kesamaan permintaan penjualan dan pembelian, maka statusnya akan dicocokkan (match), dan transaksi pun langsung selesai, tidak menunggu-nunggu lagi.

3. Status Order Saham : Amended

Bila anda memilih status order ini, yang terjadi adalah anda melakukan perubahan harga atau jumlah lot terhadap order yang sebelumnya berstatus Open. Order yang sudah anda lakukan akan berstatus Amended dan akan muncul order baru yang berstatus Open/Match.

4. Status Order Saham : Withdrawn

Status order ini terjadi ketika anda melakukan cancel order atau bisa disebut pembatalan terhadap order yang sebelumnya berstatus Open. Order dengan status Open hingga penutupan hari bursa akan secara otomatis diubah menjadi Withdrawn.

5. Status Order Saham : Rejected

Saat anda melakukan order saham beli atau jual, status akan bertulisan Rejected apabila anda :

  • Transaksi yang anda lakukan tidak sesuai dengan aturan perubahan fraksi yang ditetapkan oleh BEI atau Bursa Efek Indonesia.
  • Transaksi yang anda lakukan pada harga di luar batas auto-rejection yang ditetapkan Bursa Efek Indonesia di hari itu.
  • Transaksi yang anda lakukan di luar jam buka pasar yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia.
  • Transaksi anda melebihi jumlah 50.000 lot.
  • Transaksi tidak sesuai dengan harga loncatan pasar saham.

6. Status Order Saham : Sending

Status order Sending akan muncul bila order sedang dalam proses pengiriman. Umumnya terjadi saat anda mengirim order beli atau jual sebelum ketika pasar dibuka, atau selama waktu istirahat bursa.

Demikian Artikel ini tentang pemahaman status order saham di aplikasi ajaib. Anda juga bisa membaca lebih jelas tentang tata cara pembelian saham di situs aplikasi ajaib. Bukan hanya itu anda juga bisa langsung bertransaksi saham di Ajaib Sekuritas Asia.