7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Ciri Investasi bodong adalah investornya diminta sejumlah uang yang besar untuk menanamkan modal pada bisnis atau kegiatan tertentu yang sebenarnya tidak ada. Setelah itu uang dari investor akan dibawa pergi oleh oknum tersebut.

Biasanya ciri investasi bodong memberikan janji bahkan kadang memaksa calon investor mau menanamkan modal kepada mereka. Investasi bodong biasanya memanfaatkan ketidaktahuan pengetahuan masyarakat terhadap investasi dengan menjanjikan keuntungan yang besar. Bodong adalah palsu atau tidak ada, jadi investasi bodong secara garis besar adalah investasi bohongan atau tidak ada.

Baca Juga : 6 Daftar Aplikasi Saham OJK Terpercaya

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Bila kita lihat dampak dan kerugian yang ditimbulkan dari investasi bodong, tentunya mengetahui ciri-ciri investasi bodong adalah cara paling tepat untuk menghindarinya. Dengan menggunakan Handphone anda sudah bisa mengetahui segala informasi perusahaan tersebut, bila perusahaan bukan bodong maka seharus perusahaan itu memiliki situs terpercaya tanpa ada ulasan jelek di Internet.

Maka dari itu bahasbluechip.com membuat artikel ini agar anda bisa tahu jenis investasi bodong yang banyak beredar di masyarakat. Jenis investasi bodong ini bisa bermutasi menjadi bentuk atau program apapun, tapi biasa nya memiliki konsep yang sama. Langsung saja kita bahas dibawah ini ciri investasi bodong yang harus anda tahu :

1. Menawarkan Keuntungan Terlampau Tinggi

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Umumnya ciri investasi bodong yang pertama adalah selalu menawarkan keuntungan atau return yang tidak masuk akal dan tidak jelas akan sumber keuntungannya. Memang tujuan dari investasi adalah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, tapi keuntungan tersebut harus logis dan masuk akal. Biasanya, keuntungan dari investasi jangka panjang adalah 15 hingga 20%.

Jika keuntungan yang ditawarkan dari investasi lebih dari itu, maka anda harus patut curiga dari mana keuntungan itu berasal, dan anda harus makin curiga bila jangka waktu yang ditawarkan sangat cepat untuk mendapatkan keuntungan.

2. Keuntungan Dalam Waktu Singkat

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Ciri investasi bodong nomor 2 adalah selalu menawarkan janji untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat.

Pada dasarnya prinsip investasi adalah semakin pendek jangka waktu investasi dan semakin kecil risiko, maka kemungkinan return atau keuntungan yang didapat akan semakin rendah. Lalu sebaliknya, bila semakin panjang jangka waktu investasi dan semakin besar resiko, maka kemungkinan untuk untung semakin besar.

3. Perizinan Usaha Yang Bermasalah

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Perizinan adalah syarat mutlak dari investasi legal yang ingin ditawarkan pada masyarakat. Perizinan yang dimaksud seperti dari OJK atau biasa disingkat Otoritas Jasa Keuangan.

Ciri investasi bodong biasanya mereka tidak ada izin resmi dari OJK, karena itu, sebelum berinvestasi, anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah investasi tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK atau belum. Jika perizinan bermasalah, maka jangan sia-siakan waktu dan uang anda untuk menyimpan uang pada investasi tersebut.

4. Cara Penjualan Tidak Resmi

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Investasi bodong juga memiliki ciri-ciri berupa penjualan yang tidak resmi. Investasi legal umumnya melakukan penjualan baik berupa saham, reksadana, emas, dan lainnya secara resmi.

Biasanya perusahaan legan akan melakukan promosi dari website resmi atau cara penjualan resmi lainnya. Saat anda berhadapan dengan investasi bodong, anda akan melihat cara penjualan investasi tersebut yang terkesan aneh dan tidak to the point alias muter-muter.

5. Investasi Yang Minta di Carikan Investor Baru

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Diminta untuk mencari nasabah baru dari keluarga dan teman terdekat adalah ciri-ciri investasi bodong nomor 5. Investasi bodong biasa nya akan meminta investor untuk mencari nasabah baru.

Jadi anda akan dijebak dan didesak untuk merekrut anggota atau nasabah baru. Jika perekrutan nasabah baru sifatnya wajib dan memaksa, maka kami bahasbluechip.com bisa memastikan bahwa investasi yang ditawarkan tersebut sifatnya bodong. Segera hindari dan putus kontak dengan agen agar anda tidak terjebak di dalamnya.

6. Pengelolaan Dana Yang Tidak Transparan

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Investasi yang sehat biasanya dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya dengan pengelolaan sumber dana yang jelas dan transparan. Dan sebaliknya, investasi bodong memiliki pengelolaan dana yang tidak jelas dan saat dipertanyakan, mereka tidak memiliki jawaban yang tepat dan selalu memutar pertanyaan anda.

Anda harus curiga jika investasi yang ditawarkan tidak jelas cara pengelolaan dananya, karena ini adalah ciri-ciri investasi bodong.

7. Keuntungan Macet

7 Ciri Investasi Bodong Anda Harus Tahu

Ciri investasi bodong nomor 7 sekaligus yang terakhir adalah keuntungan yang macet atau mandet. Terdapat investasi bodong yang memberikan return di awal sesuai dengan penawaran (bahkan terkadang terdengar tidak masuk akan) harapan mereka agar calon investor akan menambahkan dana yang lebih besar.

Tapi setelah dana kembali disetor, keuntungan yang seharusnya dibagi mendadak macet. Uang anda akan dibawa kabur tanpa ada hal yang jelas.

Demikian artikel pembahasan kita tentang 7 ciri investasi bodong yang harus anda tahu. Bila anda ingin mengetahui tentang investasi lebih jelas, akan bagus bila anda mencarinya di link yang sudah kami siapkan Wikipedia. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda menghadapi segala kemungkinan investasi bodong yang ada di masyarakat Indonesia.