5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

Investasi dibagi menjadi dua yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang, di artikel ini akan di bahas tentang investasi jangka pendek. Selainnya minim resiko rugi, jenis investasi periode pendek lebih mudah dipelajari dibanding jenis investasi periode panjang. Itu alasan kenapa investasi ini disukai oleh beberapa investor pemula.

Satu diantara contoh investasi jangka pendek yang sedang terkenal adalah reksa dana. Tentunya pernah mendengarkan bukan ? walau termasuk aman, investor tetap perlu mengetahui trik dan tips khusus supaya investasi periode pendeknya mampu mendatangkan keuntungan dengan optimal.

Jika anda tertarik atau merencanakan menggeluti dunia investasi jenis ini, maka info berikut tentunya tidak ingin dilewati. Ada rincian lengkap mengenai beberapa macam investasi jangka pendek, tips melakukan investasi, dan beberapa keuntungannya.

Baca Juga : 5 Broker Saham Terbaik Pilihan Masyarakat

Pemahaman Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah produk investasi yang menyerahkan beberapa dana untuk diatur dalam periode waktu singkat, hingga dana dan keuntungan bisa dicairkan dalam waktu yang pendek. Umumnya masa investasi ini berjalan sepanjang setahun.

Dana yang diinvestasikan biasanya diatur pada beberapa hal yang mudah dijual belikan atau dicairkan. Oleh karenanya, jenis investasi itu mempunyai resiko lebih rendah dibanding dengan investasi periode panjang, namun tetap menghasilkan keuntungan yang tidak kalah besar dari investasi yang lain.

Tujuan Dari Investasi Jangka Pendek 

1. Diperuntukan untuk investor pemula agar mendapat pengalaman melakukan investasi.

2. Bisa menambahkan cash flow atau penghasilan dalam periode waktu singkat. 

3. Untuk pemilik usaha menambahkan modal usaha dalam kurun waktu pendek. 

4. Mendapat dana tambahan dari uang yang diinvestasikan dalam masa singkat.

5. Sebagai bentuk penghasilan sampingan.

Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek

Ada beberapa macam investasi jangka pendek yang memberikan keuntungan dan bisa dipilih sesuai tujuan investor, diantaranya :

Deposito 

5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

Contoh investasi jangka pendek pertama yaitu deposito, deposito adalah produk tabungan di bank dengan menyerahkan dan mencairkan beberapa dana dalam periode waktu singkat. Masa deposito dimulai dari 1 bulan, tiga bulan, enam bulan, 12 bulan, sampai dua tahun.

Walaupun waktunya singkat, tapi dana hanya bisa diambil di tanggal jatuh tempo saja, sehingga anda tidak dapat mengambil setiap saat. Tingkat keamanan deposito terjaga karena dipantau Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan agunan simpanan sampai Rp 2 miliar.

Suku bunga dari produk deposito cukup tinggi . Maka produk investasi ini jadi opsi investasi yang memberikan keuntungan.

Reksa Dana 

5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

Reksa dana adalah produk investasi di mana dana dari investor akan diatur oleh manajer investasi supaya mendapat keuntungan. Hingga investor tak perlu memikirkan taktik dan langkah mengelolanya.

Ada beberapa jenis investasi reksa dana baik periode panjang dan pendek, reksadana jangka pendek memiliki sifat likuid dan praktis. Umumnya jenis reksadana pasar uang jadi opsi investasi jangka pendek karena masanya hanya setahun dan tingkat resikonya rendah.

Surat Utang Negara (SUN)

5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

Selanjutnya yang disebut contoh dari investasi jangka pendek adalah Surat utang negara atau SUN. SUN adalah surat pernyataan utang yang diedarkan oleh negara untuk investor dana. Produk investasi ini cukup memberikan keuntungan dan aman, pasalnya negara menjamin pembayaran modal dan bunga dalam periode waktu tertentu.

Sehingga tingkat resiko benar-benar kecil, modal yang disetor tidak harus banyak, anda mulai bisa melakukan investasi dimulai dari Rp 1 juta.

Langkah kerja surat utang negara yaitu negara mengeluarkan surat untuk investor, Investor selaku piutang memberikan beberapa dana pada negara supaya dana itu diatur oleh negara untuk pembangunan dan keperluan negara.

Hasil keuntungan dari pengelolaan modal akan dibayar oleh negara ke investor berbentuk bunga, beberapa produk lain dari surat utang negara adalah sukuk dan obligasi.

Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

Fintech Peer to Peer (P2P) Lending adalah produk investasi baru di mana investor memberikan dananya pada UMKM Indonesia untuk meningkatkan usaha. Keuntungan hasil dari pengendalian dana berbentuk suku bunga dengan besaran tertentu.

Waktu periode investasi bebas diputuskan oleh investor, dimulai dari enam bulan, satu tahun, sampai dua tahun, hingga pengembalian dana bisa lebih cepat.

Modal yang diperlukan untuk melakukan investasi lumayan kecil, dimulai dari Rp 100.000 ribu anda bisa ikut melakukan investasi.

Meskipun hasil keuntungan akan diberi setiap bulan tapi tingkat resikonya lumayan tinggi, karena dana diatur untuk UMKM yang mana mempunyai potensi tidak berhasil atau rugi. Tapi jenis investasi ini masih tetap aman karena sudah tercatat pada OJK.

Saham

5 Jenis Investasi Jangka Pendek Pemula Harus Tahu

Siapakah yang tidak mengenali saham? Investasi ini cukup terkenal dari dahulu, saham adalah surat bernilai sebagai bukti kepemilikan suatu aset. Walaupun populer dengan investasi periode panjang, tetapi ada jenis saham dengan periode singkat.

Saham jangka waktu pendek memakai mekanisme trading, keuntungan dari trading bisa didapat hanya beberapa saat saja. Tetapi anda dituntut untuk ahli dan dapat mengurus dengan taktik supaya untung. Resiko saham tinggi tapi sesuai dengan keuntungannya yang besar.

Sumber : IDX