Perbedaan NFT dan Crypto Yang Perlu Anda Ketahui

Non-Fungible Token atau yang sering di singkat menjadi NFT yang sedang tren atau populer yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini. Di Indonesia sendiri, belum lama memiliki perbincangan hangat karena banyak publik figur dan pejabat yang masuk ke dalam dunia NFT ini.

Sama seperti NFT, crpstocurrency juga menjadi sebuah perbincangan yang tidak kalah menarik di dunia dan menjadikan cryptocurrency ini juga menjadi salah satu aset investasi yang sangat populer. Meskipun NFT dan crypto memiliki kesamaan yang merupakan aset digital, namun mungkin Anda bingung apa perbedaan antara Non-Fungible Token dan Cryptocurrency ini? Mari kita bahas.

Apa itu NFT atau Non-Fungible Token?

Non-Fungible Token

NFT atau Non-Fungible Token adalah semacam token yang tidak dapat ditukarkan, biasanya ditemukan di dalam teknologi seperti blockchain. Meski NFT sudah ada sejak tahun 2014 dan baru dikenal akhir – akhir ini, tetapi popularitasnya semakin meningkat di tahun 2020 hingga 2021. Lalu, semakin banyak orang yang tertarik dalam melakukan transaksi NFT di berbagai platform di dunia.

NFT bisaanya digunakan untuk membeli dan menjuall karya seni digital dari seseorang seperti tweet, GIF, dan lainnya yang serupa dengan karya seni digital seseorang.

Cryptocurrency adalah?

crypto currency

Cryptocurrency atau mata uang kripto, sering disebut juga sebagai aset kripto atau crypto adalah sebuah mata uang digital yang saat ini sangat populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Banyak cryptocurrency adalah sebuah jaringan blockchain atau buku besar terdistribusi yang ditegakan oleh jaringan komputer yang berbeda – beda.

Namun, fitur yang menentukan dari cryptocurrency umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat dari manapun, menjadikannya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi dari pemerintah manapun.

Perbedaan NFT dan Crypto

Hal yang dapat membedakan diantara NFT dan Crypto adalah aset kripto yang seperti Bitcoin dan lainnya dapat dipertukarkan, yang berarti dapat diganti atau ditukar dengan aset lain yang identik dengan nilai yang sama, seperti mata uang yang ada di seluruh dunia ataupun koin crypto lainnya.

Sedangkan NFT adalah sebuah aset yang terbilang cukup unik dan tidak dapat saling dipertukarkan dengan kata lain tidak ada dua NFT yang sama. NFT telah menciptakan kelangkaan di setiap aset yang tersedia tanpa batas, bahkan pada setiap hasil seni atau karya yang ada di dalam NFT memiliki sertifikat keaslian untuk bisa membuktikan bahwa barang tersebut dimiliki oleh satu orang yaitu orang yang memegang sertifikat tersebut.