Ringkasan Protagonis Utama Dalam Game Myst, Atrus

Atrus dikenal selalu bereksperimen dengan Seni, untuk menjelajahi Zaman yang dia tulis sendiri untuk memahami Seni dengan lebih baik. Selain itu, dia memiliki sikap yang sangat berbeda dari ayahnya: dalam Ages-nya dia mengeksplorasi dan menemukan hal-hal yang Pencipta tulis "di antara" barisnya sendiri, dia menjalin kontak hormat dengan Orang Luar yang dia temukan, membantu mereka meningkatkan peradaban mereka (seperti di Stoneship), lindungi mereka (seperti dalam Mekanik) atau bantu mereka dengan bahaya (seperti dengan The Tide). Dengan demikian, ia telah bertindak sebagai seorang sarjana, penjelajah, penemu dan bahkan dokter. Meskipun bukan karakter pemain, dia adalah protagonis utama dari seri Myst serta seri buku.
Atrus lahir dari Gehn dan Keta pada tahun 9411 dan karena itu hanya 1/4 D"ni. Ibunya sakit saat hamil dan terlepas dari upaya Anna, dia meninggal saat melahirkannya di Sumbing setelah malam yang panjang. Gila karena kepahitan, Gehn meninggalkan ibunya dengan bayinya, menolak untuk melihat atau menggendong putranya. Sebagai seorang bayi, Atrus memiliki mata biru pucat. Anak itu tinggal bersama Anna, tinggal di celah di sisi gunung berapi di padang pasir.
Anna mengajarinya banyak hal selama membesarkannya, termasuk bahasa D"ni, cerita D"ni, dan cara memandang The Whole. Pada usia 7 tahun Atrus dapat membantunya dengan kebun dan perbaikan rumah mereka dan dia berharap bahwa dia tidak harus bekerja terlalu keras. Karavan adalah satu-satunya pandangan sekilas yang dia miliki tentang dunia luar, dia sangat ingin melihat mereka; siang dan malam dia bermimpi tentang suatu kali mengendarai unta dan melihat seluruh dunia. Namun Anna menyembunyikan keberadaannya, karena dia khawatir seseorang akan menculiknya untuk menjualnya sebagai budak; setiap kali karavan datang, dia bersembunyi di bawah bayang-bayang tepi gunung berapi, dengan pakaian kotor bertambal warna gurun, mengamati dan mengambil semua detail berkat lensanya.
Atrus memainkan karakter sentral dalam Book of Atrus, prekuel dari game Myst yang asli. Buku ini menunjukkan Atrus tumbuh dewasa, pertama di Sumbing bersama neneknya, kemudian saat dia belajar menulis Ages bersama ayahnya.