Saham BUKA Anjlok Dan Merugikan Investor 800 Juta 2021

Anjloknya Saham BUKA Atau Bukalapak Buat Investor Rugi 800 JutaBahasbluechip.comHarga saham PT Bukalapak.com Tbk atau saham BUKA ditutup di tingkat paling rendahnya (all time low) pada perdagangan Selasa tempo hari (12/10) sejak pertama kalinya emiten e-commerce Group Emtek ini mencatat saham pertama (initial public offering/IPO) pada 6 Agustus lalu.

Data BEI menunjukkan, saham BUKA amblas ke tingkat paling rendah yang diizinkan oleh regulator alias ARB (auto reject bawah) dengan koreksi 6,37% ke tingkat Rp 735/saham.

Perdagangan Selasa tempo hari terlihat lumayan ramai dengan nilai transaksi bisnis capai Rp 397 miliar. Dengan koreksi yang terjadi nilai kapitalisasi pasar BUKA merosot ke Rp 75,75 triliun.

Saham Buka Terancam Terjun BebasAnjloknya Saham BUKA Atau Bukalapak Buat Investor Rugi 800 Juta

Bahkan juga sampai penutupan perdagangan terdaftar ada barisan jual saham BUKA menimbun di tingkat ARB yaitu Rp 735/unit sekitar 1,19 juta lot yang memberi sinyal akan ada revisi kelanjutan pada perdagangan hari ini sekurang-kurangnya di awal perdagangan.

Sama seperti yang telah diketahui bersama, BUKA adalah startup unicorn pertama RI yang melantai di bursa saham lokal pada 6 Agustus 2021.

Satu saham BUKA ditawarkan pada harga super premium saat IPO yaitu Rp 850, dengan perolehan dana IPO rekor sejauh riwayat pasar modal RI, Rp 22 triliun.

Dengan koreksi harga saham sekarang ini, artinya harga saham BUKA telah merosot 13,5% dari harga penawaran pertamanya.

Suka Duka Saham BUKA Di Tahun 2021Anjloknya Saham BUKA Atau Bukalapak Buat Investor Rugi 800 Juta

Sebenarnya semenjak pertama melantai, banyak suka duka beberapa investor yang terjadi di saham BUKA.

Sukanya tentu saat beberapa investor yang membeli saham BUKA di pasar pertama dan sukses ambil keuntungan saat harga sahamnya terbang ke tingkat ARA (auto reject atas) sekitar 2x walau longsor pada hari ke-2 .

Dan duka yang dalam terjadi untuk beberapa investor yang lakukan pembelian pada hari ke-2  pada harga ARA.

Di tengah-tengah robohnya harga saham BUKA ke tingkat paling rendah sejauh sejarahnya, trending sebuah tangkapan layar salah satunya investor yang jadi rugi parah di saham situs lokasi pasar yang dibangun oleh Achmad Zaky ini.Menurut pengawasan CNBC Indonesia tangkapan layar ini tersebar di sejumlah forum komunitas saham.

Kerugiaan Saham BUKA Di tahun 2021 Membuat Banyak Investor Berceloteh

Berdasar tangkapan layar yang diupload itu tampak si investor membeli 10.000 lot saham (1 juta saham) BUKA dengan harga rata-rata Rp 1.324/unit dekat dengan harga paling tinggi sepanjang masa BUKA di tingkat Rp 1.325/unit saat Bukalapak ARA pada hari ke-2 . Dengan rata-rata harga membeli itu (mengambil kocek sebesar Rp 1,32 miliar) sang investor mencatat rugi sejumlah 44%.

Tidak hanya merugi di BUKA, sang investor merugi di induk Bukalapak.com yaitu 2.000 lot saham (200.000 saham) PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang dibeli ke harga Rp 2.700/unit di mana pada harga saat sang investor menangkap layar yaitu Rp 1.620/unit, sang investor telah merugi 40% sebesar Rp 216 juta.

Dari ke-2  saham itu keseluruhan si investor tidak untung nyaris Rp 805 juta walau sudah pasti rugi tersebut berbentuk floating loss alias belum dimanifestasikan hingga bila harga saham BUKA dan EMTK sanggup kembali arah secara mencolok karena itu sang investor dapat kembali untung.

“Hayo ngacung dong pemilik porto ini yang sedang trending. Tentu anda korban pom2an si badut impostor Clubhouse itu. Saya juga kok anda gak sendirian,” catat Alvin di publikasi itu.

Tidak dispesifikasikan memang siapa influencer saham ‘badut clubhouse’ yang lakukan tindakan pom-pom itu yang dimaksud walau demikian akhir-akhir ini memang media sosial broadcasting seperti Clubhouse dan Discord kerap jadi basis untuk beberapa influencer saham untuk memberi referensi saham pilihan.

Sering juga terjadi beberapa influencer yang rupanya menyimpan niat jelek seperti mereferensikan saham yang ingin dijualnya supaya harga sahamnya naik lebih dulu dan ada likuiditas di pasar untuk memuat barang berjualannya (tindakan pom-pom saham).

Tetapi yang jelas untuk pelaku pasar yang mempunyai horizon periode panjang, pasar modal adalah investasi periode panjang. Perlu untuk investor dan calon investor untuk menyaksikan kembali prospek usaha, fundamental perusahaan saat sebelum masuk beli saham dan jadi pemegang saham dari emiten berkaitan.

Untuk Anda yang punya gagasan trading periode pendek, lengkapi diri Anda dengan kekuatan analisis yang bagus dan analisis teknikal guna menyortir beberapa saham prospek cuan secara teknikal alias chart. Kembali lagi keputusan investasi berada di tangan Anda sendiri.